Iklan

ads ads ads ads Bagi yang mau Pasang iklan harap contact saya di Facebook dan mohon cantumkan juga nomor telepon.

Cari Artikel

Mystery Tersembunyi mengucapkan MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN Mohon Maaf Lahir dan batin

PERHATIAN

DOWNLOAD GAMES DAN SOFTWARE DI SINI DIJAMIN 100 PERSEN BEBAS DARI VIRUS DAN SPYWARE, DAN JUGA GRATIS TANPA TRIAL ALIAS FULL VERSION, UNTUK BERLANGSUNGNYA DOWNLOAD GAMES AND SOFTWARENYA DENGAN AMAN, LANCAR, DAN CEPAT SILAHKAN KUNJUNGI HALAMAN BLOG PANDUAN DOWNLOAD FILES. TERIMA KASIH
Saya sebagai blogger Indonesia akan memasang widget yang mendidik agar Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang terkenal

Translator

Google Translate Guide For Visitor

Inggris=English
Afrikaans=Africans
Spanyol=Espana
Perancis=French
Jerman=Deutchs
Jepang=Japan
Itali=italiano
Yunani=Greek
Portugis=Portugal

New Game Trailer!

This Content will publisihing soon..............

Apa Arti Jodohmu, cocokkan di sini!

visitor counter

Kamis, 23 September 2010

Hal-hal yang Harus diketahui tentang Password

T

Password atau kata sandi banyak digunakan untuk proses autentikasi, yaitu sebuah proses untuk memastikan bahwa seseorang yang akan melakukan akses kedalam
suatu sistem adalah benar-benar orang yang sudah terdaftar secara valid sebagai user dari sistem yang bersangkutan.



Penggunaan password dapat membatasi siapa saja yang boleh memasuki suatu sistem dan menggunakan resource (sumber daya) tertentu. Sayanganya masih banyak orang yang menyepelekan aspek kekuatan password.

Panduan Sederhana Dalam Memilih Password.
Berikut ini adalah beberapa tips sederhana dalam memilih password dengan tingkat kekuatan yang baik:


  1. Pilihlah password yang mudah diingat tetapi cukup sulit untuk ditebak orang lain. Kita bisa memilih kata atau frase yang sifatnya pribadi dan hanya diketahui oleh kita sendiri. Dengan demikian kita akan dengan mudah mengingat password tersebut. Rasanya konyol sekali, bila kita membuat password yang sulit ditebak orang lain tetapi malah kita sendiri tidak bisa mengingatnya. Kejadian ini seringkali ditemui pada setiap orang
  2. Pilihlah password dengan jumlah karakter yang cukup panjang. Makin banyak jumlah karakter yang kita gunakan dalam password tersebut, makin tinggi tingkat kekuatan dari password yang kita miliki. Beberapa professional di bidang IT Security menyarankan untuk memilih password dengan jumlah karakter minimal 8 karakter.
  3. Pilihlah password yang mengandung perpaduan antara huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter spesial seperti tanda baca. Misalnya, kita memilih frase "cintasejati" sebagai password. Kita bisa meningkatkan kekuatan dari password tersebut dengan melakukan perubahan kecil sehingga menjadi "c1nt4$3Jat1". Tentunya tanpa tanda petik.


Hal-hal yang Harus Dihindari dalam Memilih Password.
Ada beberapa hal yang harus kita hindari dalam memilih password:


  1. Jangan pernah menggunakan blank password atau password kosong. Seringkali ditemui, seorang user merasa malas untuk menghafal password dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan password kosong untuk account yang dimilikinya.
  2. Jangan pernah menggunakan password yang mengandung karakter yang sifatnya perulangan ataupun berurutan, misalnya "12345", "defgh", "ddddd", ataupun yang memiliki posisi berurutan pada papan keyboard, seperti "asdfgh".
  3. Jangan pernah menggunakan data pribadi yang sifatnya diketahui oleh umum, seperti tanggal lahir, alamat rumah, nama istri, nama anak, nama pacar, dan data-data sejenis lainnya.


Kebiasaan-Kebiasaan yang perlu Diperhatikan dalam Menjaga Kekuatan Password.
Ada beberapa kebiasaan yang sebiknya mulai dibudayakan untuk menjaga kekuatan dari password:


  1. Jangan pernah men-share password yang anda miliki kepada siapapun. Apabila anda men-share kepada orang lain, maka orang tersebut dapat memasuki sebuah sistem dengan menggunakan identitas anda. Artinya, sistem akan mengidentifikasi orang tersebut debagai diri anda dan apapun aktivitas yang dilakukan oleh orang tersebut, akan dicatat sebagai aktivitas yang anda lakukan. Bisa dibayangkan bila ternyata orang tersebut melakukan aktivitas yang sifatnya melanggar hukum, maka sistem tersebut akan mencatat anda sebagai pelakunya.
  2. Jangan pernah menuliskan password yang anda miliki pada selembar kertas ataupun pada suatu file tertentu yang bisa diakses dengan mudah oleh orang lain. Kejadian ini juga banyak ditemui di beberapa tempat, contohnya di perkantoran, dimana seseorang karena merasa takut melupakan password-nya, makan dia menuliskan password tersebut pada sebuah kertas kecil dan menempatkanya dibawah keyboard. Bahkan ada yang menempelkannya pada layar monitor mereka.
  3. <>
ilovehacking.co.uk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila anda tidak mempunyai akun apa-apa silahkan comment dengan kategori ANONYMOUS
Related Posts with Thumbnails

Iklan

mau langganan artikel?

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner