Iklan

ads ads ads ads Bagi yang mau Pasang iklan harap contact saya di Facebook dan mohon cantumkan juga nomor telepon.

Cari Artikel

Mystery Tersembunyi mengucapkan MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN Mohon Maaf Lahir dan batin

PERHATIAN

DOWNLOAD GAMES DAN SOFTWARE DI SINI DIJAMIN 100 PERSEN BEBAS DARI VIRUS DAN SPYWARE, DAN JUGA GRATIS TANPA TRIAL ALIAS FULL VERSION, UNTUK BERLANGSUNGNYA DOWNLOAD GAMES AND SOFTWARENYA DENGAN AMAN, LANCAR, DAN CEPAT SILAHKAN KUNJUNGI HALAMAN BLOG PANDUAN DOWNLOAD FILES. TERIMA KASIH
Saya sebagai blogger Indonesia akan memasang widget yang mendidik agar Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang terkenal

Translator

Google Translate Guide For Visitor

Inggris=English
Afrikaans=Africans
Spanyol=Espana
Perancis=French
Jerman=Deutchs
Jepang=Japan
Itali=italiano
Yunani=Greek
Portugis=Portugal

New Game Trailer!

This Content will publisihing soon..............

Apa Arti Jodohmu, cocokkan di sini!

visitor counter

Rabu, 15 September 2010

Blogger NKRI harus punya KBBI offline1.0

Sebagai blogger yang suka nulis dan berusaha untuk menyajikan yang terbaik dalam setiap postingan, saya sangat membutuhkan berbagai kamus bahasa. Terutama untuk kamus bahasa Indonesia. Selama ini  bila terbentur perbendaharaan kata, saya harus membuka-buka Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi II terbitan Pusat Bahasa Depdiknas, yang saya miliki. Sehingga secara fisik cukup merepotkan, selain kurang efesien waktu juga membuat kamar tidur saya berantakan terus. Maklum, saya nge-blog dan tidur di kamar yang sama.

Hari ini, saya menerima e-mail dari Mas Ebta, bahwa dia sudah merilis Kamus Besar Bahasa Indonesia versi offline. Langsung saja saya meluncur ke gudang Mas Ebta di ebsoft.web.id   dan mendowload software KBBI Offline. Selanjutnya, agar KBBI Offline Mas Ebta ini menjadi  amal jariyah yang abadi, artikel Mas Ebta saya sebar luaskan melalui blog ini pula. Mudah-mudahan saya juga "kecipratan"/kebagian glontoran pahala dari Allah SWT berkat amal jariyahnya Mas Ebta Setyawan. Untuk sohib-sohib penulis/wartawan dan blogger, software ini wajib dimiliki, kecuali bila Anda tidak malu dilecehkan "blogger Melayu". Dan mudah-mudahan tidak ada oknum-oknum Melayu yang lancang mengadopsi software hasil karya Putera Ibu Pertiwi ini dan mengakuinya sebagai "asli ciptaan bangsa Melayu"! Maklum, banyak sekali manusia-manusia di negeri tetangga kita yang mau enaknya saja, tanpa kerja keras dapat menghasilkan karya, lihat saja mereka tanpa malu-malu meng-klaim Tari Pendet dan Reyog Ponorogo menjadi kesenian khas/tradisional bangsanya.

Berikut ini adalah original post from Mas Ebta Setyawan.

Setelah beberapa hari mengerjakan kamus ini Alhamdulillah akhirnya KBBI versi offline sudah jadi dan siap rilis. KBBI versi 1.0 ini merupakan versi offline dari KBBI Daring ( edisi III) yang ada di PusatBahasa (http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/). Dibanding versi online Kamus ini mempunyai beberapa keunggulan, dan selain itu Kamus ini Gratis (freeware) dan bebas disebarluaskan dengan syarat tidak mengubah software.
Ide untuk membuat kamus versi offline ini muncul ketika melihat situs KBBI tersebut, dan sekalian me-review ulang delphi programming yang sudah agak lama tidak terpakai lagi. Database diambil dari website dengan otomatisasi program yang juga dibuat dengan Delphi 7 personal. KBBI v1.0 ini bersifat portable sehingga tinggal download dan jalankan, tanpa perlu install.


Penggunaan dan Fitur

Sengaja tidak ada petunjuk penggunaan atau file bantuan, karena penggunaannya sangat mudah, tinggal memasukkan kata yang akan dicari dan tekan enter atau klik tombol cari, maka akan ditampilkan arti kata yang dimaksud jika ada.

Arti yang ditampilkan sudah di format sedemikian rupa agar memudahkan pengguna membaca dan mencari definisi kata yang dimaksud. Dua kolom sebelah kiri merupakan hasil kata pencarian, dengan penjelasan :
  • Kolom atas merupakan daftar kata yang merupakan kata dasar
  • Kolom kedua merupakan hasil pencarian, tetapi tidak didapatkan pada kata dasar tetapi pada kata turunan atau majemuk ( di istilahkan dengan sub lema kalau tidak salah)
Bagian Kanan merupakan definisi kata yang ditampilkan dengan warna yang memberikan arti sebagai berikut :
  • Warna merah dengan latar kuning adalah lema (kata dasar)
  • Warna merah dengan nomor adalah banyaknya arti aatu definisi kata
  • warna merah saja tanpa latar merupakan sub lema atau kata turunan
  • warna biru adalah jenis kata atau termasuk dalam istilah apa
  • warna hitam adalah arti aau definisi kata
  • warna hijau adalah contoh penggunaan kata dalam kalimat
  • warna ungu adalah contoh dalam peribahasa
  • Warna hitam dengan background hijau merupakan hasil pencarian yang terdapat pada sub-lema atau kata turunan
Jika ada masukan, saran, kesalahan tampilan atau program,silahkan disampaikan. Bagi yang ingin mengupload di (blog/website) tempat lain, diharap untuk tetap mencantumkan link ke ebsoft.web.id atau ke tulisan ini. Semoga KBBI offline ini bisa bermanfaat. Download KBBI Offline (box.net) atau dari link ini KBBI Offline (4shared) ukuran sekitar 3.2 MB

NB. Info Khusus : Bagi Sobat-sobat blogger pemula seperti saya, yang ingin ikutan kontes Menjadi Blogger Yang Bahagia, segera saja lihat persyaratan lengkapnya di Info Kontes: Menjadi Blogger Yang Bahagia. Daftarkan diri Anda, ikut serta jangan ragu-ragu lagi. Hadiah dan kejuaraan bukan tujuan, namun persahabatan dan nilai-nilai silaturrakhmi antar blogger merupakan kekayaan putera-puteri Ibu Pertiwi yang tiada ternilai mulianya.

asalkamutahuaja.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila anda tidak mempunyai akun apa-apa silahkan comment dengan kategori ANONYMOUS
Related Posts with Thumbnails

Iklan

mau langganan artikel?

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner